Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang dituangkan lewat hadis riwayat Bukhari, Sebaik-baik umat muslim adalah yang mempelajari Alquran dan mengamalkannya. Hanya saja, untuk membaca dan memahami maksud Alquran secara tepat perlu belajar khusus, terlebih Alquran ditulis dalam bahasa Arab, sehingga bagi orang Indonesia yang notabene tidak berbahasa Arab, butuh keseriusan dan kesabaran untuk mempelajarinya.

Di samping metode membaca Alquran secara online tersebut, beberapa tips membaca Alquran ini juga tepat diterapkan oleh pemula.

Jangan Malu untuk Mencari Guru Mengaji yang Tepat

Walau membaca Alquran memang lebih baik dimulai sejak usia dini, tetapi kesibukan setiap orang berbeda-beda, sehingga tak sedikit yang belum sempat belajar agama, termasuk membaca Alquran secara tepat hingga usia dewasa. Bagaimanapun tak ada kata telat untuk belajar agama, jadi jangan malu untuk mencari guru mengaji yang tepat. Apalagi kini sudah banyak ustadz maupun ustadzah yang bersedia dipanggil ke rumah untuk mengajarkan membaca Alquran secara tepat dan benar.

Selain itu, guru mengaji yang kompeten adalah yang paham ilmu tajwid atau ilmu membaca Alquran yang baik, serta paham tafsir Alquran, sehingga bisa menjelaskan setiap makna dari ayat maupun surat Alquran secara rinci dan jelas. Di samping itu, pilihlah ustaz atau ustazah yang sabar dan halus tuturnya, sehingga Anda makin semangat belajar membaca Alquran. Hal ini karena mempelajari Alquran ini butuh proses, dengan ketekunan dan guru yang pas, Anda pun bisa belajar lebih cepat.

Latih dengan Membaca Surat Pendek

Jika sudah bisa memahami dasar ilmu tajwid dan membaca Alquran dengan baik, latih dengan membaca surat-surat pendek. Bahkan, Anda bisa juga menghapalkannya, seperti surat Alikhlas, Annas, Alalaq maupun surat pendek lainnya yang ada dalam jus 30 misalnya. Manfaatnya, bacaan surat saat salat pun jadi bertambah, selain bacaan Alfatihah yang tentunya wajib dibaca dalam salat.

Perlancar dengan Membaca Surat-Surat Lainnya

Apabila sudah bisa membaca surat-surat pendek dengan lancar, biasanya ustadz maupun ustadzah akan membimbing untuk membaca Alquran secara keseluruhan dari jus pertama. Usahakan untuk istikamah hingga khatam di bawah bimbingan guru mengaji yang tepat. Dengan begitu, selanjutnya Anda bisa membaca Alquran secara mandiri. Hasilnya, bacaan salat jadi sempurna, pahala yang didapatkan menjadi berlimpah ruah.

Melalui beberapa metode dan tips tersebut, belajar membaca Alquran pun kini tak perlu lagi ada hambatan. Sebab, seiring berkembangnya zaman, belajar agama bisa dilakukan lebih fleksibel melalui beragam perangkat yang tersedia.

Author Since: Aug 30, 2019

Related Post