Google resmi merilis Android 10 sebagai sistem operasi mobile terbaru besutannya. Sebelum menjadi Android 10, sistem baru ini bernama Android Q, sesuai pola penamaan alfabetis Android. Meski begitu, tidak semua jenis ponsel bisa menggunakan sistem Android 10.

Tak cuma menjadi sistem baru, Android 10 juga punya banyak fitur baru dan kelebihan-kelebihan. Berikut penjelasan soal Android 10 :

  • Asal Mula Nama Android 10

Sebelum menjadi Android 10, sistem baru ini bernama Android Q. Biasanya sistem baru Android menggunakan nama makanan. Diprediksi Android Q menggunakan nama seperti Quesadilla, atau Quiche. Namun Google akhirnya memilih untuk lebih menyederhanakan penamaannya, dengan merilis Android 10.

Alasan Google lebih menyederhanakan nama sistem baru Android yakni untuk lebih mengglobalkan sistem operasi tersebut dengan angka. Sehingga pengguna sadar versi yang mereka pakai terbaru atau tidak.

Hal ini memang cukup susah diidentifikasi dengan nama kudapan. Kita harus mengingat-ingat urutan alfabet untuk tahu versi terbaru itu Pie atau Nougat.

  • Punya Sistem Privasi yang Canggih

Sistem privasi di Android 10 disebut-sebut menjadi paling canggih di antara sistem sebelumnya. Terutama soal privasi saat membagikan lokasi. Artinya, ponsel yang support Android 10 hanya bisa membagi lokasi dengan menggunakan aplikasi tertentu yang berizin, dan tidak akan membagi tanpa persetujuan atau tanpa adanya aplikasi terkait yang berjalan.

Semua fitur terbaru dan fitur lawas terkait keamanan siber dan privasi akan bisa teraplikasi secara langsung tanpa reboot. Selain itu, sistem navigasi terbaru berbasis gestur juga akan lebih dibuat mulus dan menarik.

Terdapat juga Focus Mode yang membuat Anda tidak terdistraksi ketika berada dalam aplikasi tertentu dengan melakukan mute terhadap notifikasi.

  • Adanya Fitur Dark Mode (Mode Gelap)

Salah satu aplikasi yang menggunakan dark mode (mode gelap) adalah Twitter. Namun mode gelap Twitter hanya bisa dilihat melalui komputer. Kini mode gelap juga akan hadir di Android 10. Fitur terbaru ini dapat membuat antarmuka smartphone menjadi versi yang lebih gelap dari sebelumnya.

Google juga menggunakan application programming interface (API) baru sehingga nanti aplikasi-aplikasinya akan ikut menggunakan mode gelap ketika mode ini diaktifkan.

  • Fitur SharingShortcuts

Fitur SharingShortcuts juga akan ditemukan di Android 10. Fitur baru ini memungkinkan pengguna membagikan file ke suatu aplikasi dengan lebih cepat dan spesifik.

Sebelumnya, pengguna Android memiliki menu berbagi yang sangat lambat. Kini Google punya fitur baru, SharingShortcuts, untuk memudahkan pengguna membagikan file.

Author Since: Aug 30, 2019