Asuransi Prudential juga menyediakan beragam produk asuransi syariah yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang sudah diketahui jika asuransi syariah kini mulai kian diminati karena mampu memberikan manfaat yang lebih dibanding asuransi konvensional. Namun sudahkah Anda tahu bagaimana cara klaim asuransi Prudential program syariah? Ini caranya.

Sediakan Berkas Laboratorium

Selama proses pengajuan klaim asuransi, Anda perlu menyediakan berkas laboratorium. Terutama bagi Anda yang ingin mengajukan klaim rawat inap. Pastikan Anda sudah meminta kwitansi atas pemeriksaan laboratorium yang sudah dilengkapi dengan cap rumah sakit terkait. Selain itu, pastikan data yang tertulis pada berkas sesuai dengan dana pada polis asuransi yang Anda miliki.

Sediakan Surat Keterangan Dokter

Pada umumnya prosedur klaim sering kali ditolak karena tidak dilengkapi dengan surat keterangan dokter. Surat ini diperlukan guna mengetahui diagnosis dan tindakan yang dilakukan. Sang dokter harus memberikan surat keterangan atas tindakan medis yang sudah dilakukan.

Biasanya Anda bisa meminta surat keterangan dokter pada bagian kasir. Namun nantinya Anda juga akan ditanya untuk apa surat keterangan dokter ini. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan surat keterangan dokter. Selain itu, jangan lupa untuk menyimpan kwitansi pembayaran yang sudah Anda lakukan.

Sediakan Surat Klaim Rawat Inap

Surat klaim rawat inap juga harus Anda siapkan ketika akan mengajukan klaim. Anda bisa meminta surat klaim rawat inap ini dengan mengunjungi agen Prudential terdekat atau mengunduh langsung melalui website resmi Prudential. Pastikan isi surat klaim dengan benar. Jangan sampai ada data yang berbeda. Sebab hal ini akan berisiko terhadap pengajuan klaim yang Anda lakukan.

Sediakan Surat Amandemen

Sebenarnya apa sih surat amandemen itu? Surat amandemen merupakan surat tambahan yang perlu dipersiapkan jika Anda mengajukan klaim melebihi masa yang sudah ditentukan. Surat ini juga bisa Anda unduh sendiri melalui website resmi Prudential. Pada surat ini, Anda bisa mengisi kronologis kendala pengiriman berkas klaim yang Anda ajukan.

Sediakan Identitas Diri

Jika semua berkas yang berhubungan dengan rumah sakit sudah siap, maka Anda juga perlu menyiapkan data identitas diri. Siapkan fotokopi data identitas pemegang polis yang hendak mengajukan klaim serta lampirkan juga kartu polis yang dimiliki. Selain itu, pastikan juga lengkapi buku tabungan untuk pencairan klaim yang diajukan. Rekening tersebut harus atas nama Anda.

Pengiriman Berkas

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah proses pengiriman berkas secara keseluruhan. Masukkan semua berkas ke dalam satu amplop dan kirimkan berkas tersebut ke kantor agen prudential terdekat atau kantor pusat Prudential langsung.

Pada dasarnya cara klaim asuransi Prudential program syariah tidaklah sulit jika Anda memperhatikan beberapa poin penting di atas. Namun jika Anda merasa kesulitan selama proses klaim asuransi, doker.my siap membantu Anda sampai pengajuan klaim Anda cair.

Author Since: Aug 30, 2019

Related Post