Mooncake merupakan salah satu jenis kue khas Tionghoa yang menjadi salah satu hidangan wajib saat perayaan festival musim gugur. Mengingat rakyat Indonesia banyak yang memiliki darah Tionghoa, tak mengherankan jika jenis kue yang satu ini mudah ditemui di pasaran. Namun bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri, berikut kesalahan yang wajib dihindari.

  1. Terlalu Cepat atau Terlalu Lama Mengocok Adonan

Pada umumnya adonan kue kering hanya perlu dikocok selama kurang lebih 3 menit saja. Jadi jika Anda mengocoknya terlalu lama, hal ini akan membuat adonan kue tidak bisa menangkap udara dengan baik sehingga kue tidak bisa melebar dengan sempurna.

Sama halnya jika Anda mengocoknya terlalu lama, mengocok adonan terlalu lama akan mengaktifkan gluten tepung yang akan membuat tekstur kue menjadi kenyal dan tidak renyah. Untuk itu, pastikan Anda lakukan pengocokan adonan selama kurang lebih 3 menit dengan kecepatan rendah hingga adonan tercampur sempurna.

  1. Oven Belum Dipanaskan

Kesalahan kecil selanjutnya yang paling kerap dilakukan adalah oven belum dipanaskan. Kebanyakan orang cenderung kurang paham jika sebelum memanggang kue, Anda wajib memanaskan oven terlebih dahulu sesuai dengan suhu yang diinginkan.

Meski terkesan sepele, namun lupa tidak memanaskan oven akan membuat kue bulan Anda gagal total. Kue akan terlihat seperti gosong di bagian tepinya dan matang tidak sempurna. Untuk itu, sebelum adonan kue dimasukkan ke dalam oven, pastikan untuk panaskan oven terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kue Anda bisa matang sempurna tepat pada waktunya.

  1. Penakaran dan Pemilihan Tepung yang Salah

Ternyata penakaran dan pemilihan tepung yang salah juga bisa menjadi penyebab kue bulan Anda gagal lo. Tak bisa dipungkiri, jika kebanyakan orang cenderung mengukur tepung yang akan digunakan untuk membuat kue menggunakan gelas. Padahal jika Anda menggunakan gelas dan sendok makan, tingkat keakuratannya bisa meleset hingga 30 persen lo.

Tak hanya takaran yang tidak sesuai saja, pemilihan tepung terigu yang salah juga bisa menjadi penyebab kue bulan Anda gagal. Sebab jika Anda mengganti tepung roti dengan gandum, hal ini hanya akan membuat kue buatan Anda menjadi keras. Sedangkan jika Anda menggunakan tepung lunak, hal ini hanya akan membuat kue Anda menjadi rapuh dan mudah hancur.

  1. Overbaking Pada Kue

Tahukah Anda jika terlalu lama memanggang kue, hal ini juga akan membuat kue bulan menjadi gosong dan keras. Untuk itu, pastikan dengan baik berapa lama waktu pemanggangan kue dan keluarkan ketika warnanya sudah berubah menjadi keemasan bagian bawah dan atas serta sudah mengeras pada bagian tepinya.

Selain itu perlu Anda ingat, penambahan waktu selama beberapa menit saja juga akan menyebabkan kue Anda menjadi gelap dan keras ketika didinginkan. Untuk itu, pastikan selalu gunakan timer saat memanggang kue, baik itu timer microwave, timer oven, ataupun timer ponsel. Sebab kue yang gosong dan keras tentu tak enak saat dikonsumsi.

  1. Membuka Oven Terlalu Sering

Anda pasti akan membuka oven untuk mengangkat kue yang sudah matang bukan? Namun tidak perlu dilakukan setiap beberapa menit sekali bukan? Sebab jika Anda terlalu sering membuka oven maka semua panas akan keluar dan suhu oven menjadi turun. Hal ini tentu akan berdampak pada kue Anda yang tidak matang secara sempurna.

Nah itu dia beberapa kesalahan kecil yang perlu Anda hindari saat membuat kue bulan. Meski terkesan sepele, namun beberapa hal di atas dapat membuat kue bulan Anda jadi gagal total lo. Nah bagi Anda yang tak mau ribet, bisa juga nih membeli mooncake di blibli.com. Pilihan dan harganya juga cukup bervariasi lo.

Author Since: Aug 30, 2019

Related Post