Jika bekerja lembur merupakan kebiasaan di kantor kamu, maka pulang kerja tepat waktu terasa seperti dosa besar. Padahal, bekerja lembur seringkali merupakan tanda ketidakefisienan di tempat kerja.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab kita tak pernah pulang kerja tepat waktu, mulai dari perusahaan kekurangan tenaga kerja, atau proses kerja yang tidak efisien, hingga manajemen waktu yang buruk.

Di sisi lain, memiliki keseimbangan kehidupan kerja dan pribadi sehat merupakan suatu hal penting.

Nah, Berbagi Tiga rahasia untuk memaksimalkan hari sehingga dapat pulang kerja tepat waktu setiap hari:

1. Mulai hari dengan sebuah to-do list

Hal pertama yang harus dilakukan ketika sampai di kantor adalah menulis daftar tugas hari itu.

Buatlah to do list yang harus diselesaikan untuk hari itu, mulai dengan yang paling mendesak atau paling rumit baru yang paling mudah.

Hal ini akan memastikan kamu mengerjakan hal-hal yang paling mendesak terlebih dahulu, yang lebih cenderung menghambat seiring berjalannya hari.

Memiliki daftar tugas sebagai referensi membuat tetap fokus dan memungkinkan mengatur hari dengan lebih efisien.

2. Pulang pada waktu yang ditentukan

Beri tahu atasan dan anggota tim bahwa kamu benar-benar harus meninggalkan kantor tepat pada waktunya, dan ingatkan mereka secara rutin agar hal tersebut juga melekat di pikiran mereka.

Jika ada yang menjadwalkan rapat setengah jam sebelum waktu pulang kerja, tanyakan dengan sopan apakah mereka dapat mengatur ulang jadwal rapat pada hari berikutnya.

Jika mereka mengatakan bahwa rapat tersebut tidak akan memakan waktu lebih dari setengah jam, namun ternyata rapat terus berlanjut, pulanglah pada saat di mana harus pulang.

Hal ini menunjukkan kepada mereka, kamu serius mengenai pulang kerja tepat pada waktunya. Jangan merasa tidak enak untuk memiliki pendirian tegas – pulang tepat waktu memang merupakan hak.

3. Fokus pada target jam pulang kantor

Ingatkan diri sepanjang hari bahwa kamu harus meninggalkan kantor pada pukul “X”, sehingga akan lebih fokus dan sadar akan manajemen waktu saat bekerja.

Nah, dengan mengetahui hanya memiliki setengah hari tersisa untuk menyelesaikan tugas-tugas, maka akan memaksa untuk bekerja lebih efisien.

Author Since: Aug 30, 2019

Related Post